Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Membeli Tiket Pesawat Online dan Offline


Selain mendatangi tempat agen travel, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi pemesanan tiket pesawat secara online. Banyak orang beranggapan bahwa cara ini memiliki kemudahan daripada harus membelinya dengan offline. Nyatanya keduanya mempunyai langkah yang berbeda.

Cara Membeli Tiket Pesawat Offline

Banyak orang sudah familiar dengan pembelian tiket pesaat cara offline. Mereka beranggapan bahwa mendatangi atempat gen travel bisa membuatnya lebih jelas dan tidak perlu kebingungan menggunakan aplikasi. Lantas bagaimana caranya?

Anda hanya perlu datang ke tempat agent ravel yang mudah sekali untuk ditemukan di pinggiran jalan kota. Biasanya berlokasi berdekatan dengan bandara atau stasiun. Langkah berikutnya adalah lakukan pemesanana berdasarkan tujuan serta tanggal keberangkatan.

Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. Setelah itu, pihak agen travel biasanya akan meminta identitas diri seperti KTP. Tunggulah beberapa saat hingga proses pemesanan berhasil dilakukan. Langkah terakhir adalah lakukan pembayaran sesuai harga tiket pesawat.

Cara Membeli Tiket Pesawat Online

Selain mendatangi tempat agen travel, Anda juga bisa memesan tiket pesawat menggunakan berbagai aplikasi yang kini sudah tersedia seperti blibli.com contohnya. Pastikan untuk melakukan instalasi terlebih dahulu di smartphone sebelum melanjutkan pemesanan. Berikut adalah beberapa langkahnya:

1. Pilih Menu Tiket Pesawat dan Penerbangan

Dalam berbagai jenis aplikasi yang bisa digunakan, terdapat banyak menu untuk segala jenis pemesanan mulai dari kereta api, booking hotel dan pesawat. Maka dari itu, klik pada pilihan bergambar pesawat terbang untuk memesan tiket penerbangan.

Setelah itu, Anda akan ditampilkan berbagai jenis maskapai penerbangan. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja budget. Jika beruntung, dapatkan tiket pesawat yang dikenakan potongan harga,

2. Pesan Penerbangan dan Isi Identitas

Selanjutnya Anda bisa memilih penerbangan yang sudah disesuaikan dengan beberapa kategori seperti nama maskapai, fasilitas didapatkan, penawaran harga, rute perjalanan dan lainnya. Pastikan untuk mencari paling baik demi kenyamanan selama keberangkatan.

Setelah memilih jadwal penerbangan, isi identitas sesuai dengan jumlah penumpang yang akan berangkat. Isikan berdasarkan data diri secara lengkap dan benar. Jangan lupa untuk memasukkan nomor telepon aktif.

3. Melakukan Pembayaran

Hal ini menjadi salah satu alasan yang disukai oleh banyak orang mengapa mereka memilih pembelian tiket pesawat secara online. Setelah memastikan bahwa pengisian data diri sudah benar dan lengkap, maka selanjutnya adalah melihat berapa jumlah total pembayarannya.

Setelah Anda mengetahui biaya total dari tiket pesawat yang akan dibeli, maka selanjutnya adalah membayarnya. Dalam aplikasi tersebut, disediakan berbagai metode pembayaran seperti transfer bank, Alfamart, Indomaret dan masih banyak lagi sehingga memudahkan pengguna.

4. Dapatkan e-Ticket

Berbeda dengan cara pembelian tiket pesawat secara offline, jika membeli melalui aplikasi, maka tiket yang diberikan masih dalam bentuk elektronik. E-ticket ini diharuskan untuk dicetak terlebih dahulu di bandara sebelum keberangkatan minimal 24 jam.

Di setiap e-ticket yang ada, Anda bisa memanfaatkan barcode atau kode di dalamnya. Selanjutnya lakukan scan dengan mesin pencetakan dan tunggulan tiket pesawat berhasil dicetak. Pastikan untuk tidak menghilangkannya sebelum dicek pada gerbang keberangkatan.

Dua cara di atas bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tiket pesawat. Tentu kedua metode pembelian tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi setiap penumpang sebelum membelinya. Di samping itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa faktor lain dalam memilih, salah satunya terkait tentang harga.

Posting Komentar

0 Komentar